selamat datang di website resmi Desa Purwodadi, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Artikel

ALUR LAYANAN ADUAN MASYARAKAT DESA PURWODADI

29 Juli 2025 01:29:36  Administrator  51 Kali Dibaca  Program Kerja

1. Penyampaian Aduan

Masyarakat dapat menyampaikan aduan melalui beberapa kanal berikut:

  • Langsung ke Kantor Desa: Disampaikan secara lisan atau tertulis ke petugas pelayanan.

  • Kotak Saran di Kantor Desa: Untuk aduan tertulis secara anonim.

  • WhatsApp Resmi Desa: Melalui nomor yang telah diumumkan di papan informasi desa.

  • Media Sosial Resmi Desa: (Facebook, Instagram, atau Website Desa).

  • Melalui RT/RW setempat: Yang kemudian diteruskan ke Kepala Dusun atau Kepala Desa.


2. Penerimaan dan Pencatatan Aduan

  • Petugas pelayanan desa mencatat setiap aduan ke dalam Buku Registrasi Pengaduan atau Sistem Informasi Desa (SID).

  • Pengadu akan menerima tanda bukti penerimaan aduan (bila menyampaikan secara langsung).

  • Aduan diklasifikasikan sesuai kategori:
    ✅ Infrastruktur
    ✅ Layanan administrasi
    ✅ Sosial & keamanan
    ✅ Lingkungan
    ✅ Lain-lain


3. Verifikasi dan Tindak Lanjut

  • Petugas atau Kepala Urusan terkait akan memverifikasi isi aduan dalam waktu maksimal 3 hari kerja.

  • Jika aduan bersifat mendesak (seperti gangguan keamanan, listrik, atau kebocoran air), ditindaklanjuti segera.

  • Bila perlu, dilakukan musyawarah kecil melibatkan perangkat desa, RT/RW, dan pelapor.


4. Penyelesaian Masalah

  • Masalah ditangani sesuai kewenangan desa atau dikoordinasikan ke pihak kecamatan/kabupaten.

  • Bila aduan memerlukan anggaran, akan dimasukkan dalam agenda musyawarah desa untuk dimasukkan ke dalam RKPDes/Perubahan APBDes.


5. Umpan Balik ke Pelapor

  • Petugas desa memberikan informasi perkembangan atau hasil penyelesaian kepada pelapor.

  • Jika pelapor tidak diketahui (anonim), hasil penyelesaian diumumkan secara umum di papan pengumuman desa atau media sosial.


PRINSIP PELAYANAN ADUAN:

  • Terbuka & Transparan

  • Cepat & Tanggap

  • Rahasia Identitas Pelapor (jika diminta)

  • Bersifat Solutif

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

29 Juli 2025 | 51 Kali
ALUR LAYANAN ADUAN MASYARAKAT DESA PURWODADI
29 Juli 2025 | 47 Kali
PROGRAM KERJA DESA PURWODADI TAHUN 2025
29 Juli 2025 | 50 Kali
PROGRAM KERJA SAMA MEMBANGUN DESA PURWODADI TAHUN 2025
26 Agustus 2016 | 64 Kali
Sejarah Desa
26 Agustus 2016 | 57 Kali
Wilayah Desa
24 Agustus 2016 | 62 Kali
Data Desa
24 Agustus 2016 | 62 Kali
Ada apa Camat Karangkobar dan purwodadi
24 Agustus 2016 | 75 Kali
Visi dan Misi Desa
29 Juli 2013 | 65 Kali
Profil Desa
26 Agustus 2016 | 64 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 62 Kali
Pemerintah Desa
24 Agustus 2016 | 62 Kali
Ada apa Camat Karangkobar dan purwodadi
24 Agustus 2016 | 62 Kali
Data Desa
07 November 2014 | 60 Kali
Pemerintahan Desa
29 Juli 2013 | 65 Kali
Profil Desa
20 April 2014 | 34 Kali
Undang Undang
26 Agustus 2016 | 57 Kali
Wilayah Desa
29 Juli 2013 | 55 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
22 April 2014 | 39 Kali
Pengaduan
24 Agustus 2016 | 36 Kali
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa 2025-2032
20 April 2014 | 39 Kali
Peraturan Kepala Desa

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Desa Purwodadi, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah,
Desa : Purwodadi
Kecamatan : Karangkobar
Kabupaten : Banjarnegara
Kodepos : 83355
Telepon : 082154574647
Email : admin@purwodadi.gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:44
    Kemarin:98
    Total Pengunjung:9.249
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:216.73.216.99
    Browser:Mozilla 5.0